InJourney Airports Tingkatkan Layanan 37 Bandara Menuju Standar Kelas Dunia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 26 Sep 2025, 09:49
thumbnail-author
Muhammad Fikri
Penulis
thumbnail-author
Dedi
Editor
Bagikan
Ilustrasi - sejumlah calon penumpang penerbangan saat beraktivitas di area Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Ilustrasi - sejumlah calon penumpang penerbangan saat beraktivitas di area Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (ANTARA)

Ntvnews.id, Jakarta - PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) memperkuat layanan di 37 bandara yang dikelola dengan meluncurkan program "Melayani Sepenuh Hati with ImpaCX". Langkah ini bertujuan meningkatkan pengalaman penumpang, mendorong pariwisata, dan memperkuat daya saing transportasi udara nasional.

Direktur Utama InJourney Airports Mohammad R. Pahlevi menjelaskan, program tersebut dirancang agar bandara lebih responsif terhadap kebutuhan pelanggan.

“Program ini dirancang agar bandara dapat selalu mendengar suara pelanggan, memberikan layanan sesuai keinginan, kebutuhan, dan ekspektasi penumpang pesawat maupun pengguna jasa bandara,” ujarnya di Jakarta, Kamis, 26 September 2025.

ImpaCX, singkatan dari InJourney Airports Movement to Accelerate Performance in Customer Experience, berfungsi sebagai motor penggerak peningkatan layanan menuju standar kelas dunia. Melalui program ini, seluruh bandara di bawah pengelolaan InJourney Airports diharapkan dapat menghadirkan pengalaman perjalanan berkelas dunia dengan fasilitas yang andal, infrastruktur memadai, serta keramahtamahan khas Indonesia dari staf bandara.

Baca Juga: InJourney Airports Siap Jalankan Penetapan 36 Bandara Internasional

Pahlevi memaparkan, program yang diluncurkan sejak Jumat, 19 September 2025 tersebut memiliki enam tujuan utama. Pertama, memastikan lingkungan bandara aman (safe space). Kedua, menjaga kebersihan dan kenyamanan (clean environment). Ketiga, memberikan informasi yang jelas (clear information). Keempat, menciptakan suasana ramah (positive interaction). Kelima, mempercepat proses layanan (efficient process). Dan keenam, menjamin fasilitas berjalan dengan baik (reliable facilities).

Wakil Direktur Utama InJourney Airports Achmad Syahir menambahkan, tujuan tersebut dapat diwujudkan melalui empat inisiatif.

“Kami bergerak lebih proaktif dan prediktif melalui empat inisiatif,” jelasnya.

Inisiatif pertama adalah employee on the move, yaitu staf bandara lebih aktif melakukan observasi dan evaluasi layanan. Kedua, customer immersion untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan dan menyerap masukan. Ketiga, airport CX forum sebagai wadah kolaborasi mencari solusi atas keluhan. Keempat, impacxful staff, yaitu dorongan bagi staf bandara agar memberikan pelayanan lebih atau extra mile.

Untuk menjaga konsistensi, InJourney Airports juga membangun ImpaCX Analytics Dashboard yang memanfaatkan teknologi informasi guna memantau pelayanan secara real time, mulai dari keluhan, solusi, hingga perencanaan ke depan.

Baca Juga: Heboh Kebakaran di Bandara Picu Pesawat Lepas Landas Tanpa Penumpang

Syahir menambahkan, program Melayani Sepenuh Hati with ImpaCX turut mendukung transformasi besar InJourney Airports yang mencakup tiga aspek: premises (infrastruktur bandara berkelas dunia), people (layanan staf berstandar internasional), dan process (operasional berbasis ekosistem).

Saat ini InJourney Airports mengelola 37 bandara di seluruh Indonesia, termasuk lima bandara terbesar, Soekarno-Hatta Tangerang, I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Juanda Surabaya, Sultan Hasanuddin Makassar, dan Kualanamu Deli Serdang.

(Sumber: Antara)

x|close