Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Ekonomi Kreatif sekaligus Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya, melakukan kunjungan ke ajang Urban Sneaker Society (USS) 2025 di Jakarta. Kunjungan ini menjadi bentuk nyata dukungan pemerintah terhadap para kreator muda agar mampu bersaing di tingkat internasional.
Riefky memberikan apresiasi tinggi kepada berbagai jenama lokal yang hadir dalam acara tersebut. Menurutnya, mereka merupakan simbol wajah baru industri kreatif Tanah Air yang semakin berkembang.
“Jenama lokal yang hadir di USS mencerminkan wajah baru industri kreatif Indonesia yang inovatif, adaptif, dan memiliki karakter kuat. Pemerintah akan terus hadir mendukung pengembangan talenta kreatif agar mampu bersaing di kancah dunia,” ujar Riefky dalam keterangan pers yang diterima pada Senin, 10 November 2025.
Dalam kunjungan tersebut, ia menyempatkan diri untuk berinteraksi langsung dengan sejumlah brand lokal unggulan, di antaranya Signore, Calle, Compass, Kanky, Ortuseight, Room for Air, dan Money Alter. Ia juga meninjau koleksi terbaru para kreator serta mendengarkan kisah mereka dalam mengembangkan produk dan memperluas pasar di tengah kompetisi global.
Baca Juga: ICCF 2025, Menteri Ekraf Apresiasi Produk Lokal Fest 7 Pemicu 17 Subsektor Ekonomi Kreatif
Riefky menilai bahwa Urban Sneaker Society merupakan contoh nyata kolaborasi lintas subsektor kreatif yang mempertemukan ide, inovasi, serta pasar dalam satu wadah. “Kegiatan ini menunjukkan semangat kreator muda dalam mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus memperkuat identitas budaya Indonesia,” ujarnya.
Kementerian Ekraf, lanjut Riefky, terus memperkuat kerja sama dengan pelaku dan komunitas kreatif muda, terutama di bidang fesyen dan desain produk, yang menjadi sektor penting dalam ekonomi kreatif nasional.
Baca Juga: Menteri Ekraf Ajak Generasi Muda Majukan Industri Kreatif dan Digital
“Kementerian Ekraf berkomitmen terus mendorong peningkatan daya saing ekosistem kreatif, memperluas jejaring kolaborasi lintas sektor, serta memperkuat peran insan kreatif sebagai bagian dari the new engine of growth menuju ekonomi kreatif yang berdaya tahan, inovatif, dan berpengaruh di tingkat dunia,” tambah Riefky yang hadir bersama Romi Astuti, Direktur Fesyen.
Sejak pertama kali diadakan pada 2017, Urban Sneaker Society telah tumbuh menjadi salah satu platform gaya hidup kreatif terbesar di Indonesia, mempertemukan lebih dari 300 brand dan komunitas dari berbagai kategori, mulai dari fesyen, olahraga, hingga kuliner. Tahun ini, USS 2025 yang berlangsung di JICC Senayan pada 7–9 November 2025 menampilkan kolaborasi eksklusif antara merek lokal dan internasional, menegaskan potensi kolaborasi lintas negara sekaligus kekuatan inovasi pelaku ekonomi kreatif nasional.
(Sumber: Antara)
Menteri Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya, meninjau acara Urban Sneaker Society 2025 di Jakarta International Convention Center (JICC) Senayan, Jakarta, Sabtu, 9 November 2025. (ANTARA/HO Kementerian Ekonomi Kreatif) (Antara)