2 Keluhan Pelatih Shin Tae-yong Setelah Timnas Indonesia Tekuk Filipina 2-0

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 12 Jun 2024, 01:45
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (dok PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Indonesia melaju ke putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia usai mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Selasa (11/6/2024). Meski demikian, pelatih Shin Tae-yong masih belum sepenuhnya puas dengan penampilan pasukannya pada pertandingan ini. Kenapa?

Tampil di depan publik sendiri, Indonesia mengawali kemenangannya lewat gol spektakuler Thom Haye. Pemain Heerenveen itu sukses melepas tendangan spektakuler dari luar kotak penalti pada menit ke-31. Indonesia kemudian menggandakan keunggulannya lewat Rizky Ridho menit ke-56. 

Kemenangan ini memastikan Indonesia finis sebagai runner up Grup F dengan 10 poin. Sementara posisi pertama tetap dipegang oleh timnas Irak yang sudah lebih dulu lolos ke putaran ketiga.

"Jujur, saya tidak bisa memberikan nillai yang baik pada lini depan timnas. Memang para pemain depan harus evaluasi diri dengan baik, saya akan terus mencari pemain-pemain depan yang baik,” kata Shin Tae-yong dalam jumpa pers usai pertandingan di SUGBK, Senayan, Selasa malam. 0

Pada pertandingan melawan Filipina, STY kembali menempatkan Rafael Struick di posisi ujung tombak. Dia dibantu oleh dua pemain sayap, Marselino Ferdinan dan Ragnar Oratmangoen. 

Selebrasi pemain Timnas Indonesia <b>(tangkapan layar X)</b> Selebrasi pemain Timnas Indonesia (tangkapan layar X)

Ketiganya juga sempat bertukar posisi di babak kedua. STY bahkan sempat memasukkan Dimas Drajad untuk menggantikan Ragnar yang tak kunjung menjebol gawang The Azkals. 

"Kita lolos ke putaran ketiga, tidak ada lawan yang mudah," kata Shin Tae-yong.

"Apalagi peringkat FIFA kita 134, lawan-lawan kita lebih baik dan kita tim paling lemah dari (tim-tim) yang sudah lolos ke putaran ketiga. Tetapi mimpi saya, saya akan berusaha mencapainya, tidak akan menyerah (untuk lolos ke Piala Dunia),” sambung pelatih asal Korea Selatan itu.

Halaman