KAI Bantah Pecat Pegawai yang Viral Gegara Tumblr Penumpang Hilang

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Nov 2025, 11:51
thumbnail-author
Dedi
Penulis & Editor
Bagikan
Ilustrasi - Penumpang menunggu kedatangan KRL Commuter Line Manggarai-Bogor di Stasiun Manggarai, Jakarta. Ilustrasi - Penumpang menunggu kedatangan KRL Commuter Line Manggarai-Bogor di Stasiun Manggarai, Jakarta. (ANTARA)

Ntvnews.id, Jakarta - Isu pemecatan pegawai KAI Commuter akibat kasus tumbler tertinggal di KRL sempat viral di media sosial. Namun, pihak KAI Commuter menegaskan bahwa kabar tersebut tidak benar.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Karina Amanda, menyampaikan klarifikasi resmi terkait kabar yang beredar. Menurutnya, perusahaan tetap berpegang pada prosedur dan regulasi ketenagakerjaan dalam menangani setiap kejadian.

"Kami perlu melakukan penelusuran lebih dulu untuk memastikan kejadian sebenarnya. Sebagai tahap awal, tentunya kami melakukan koordinasi kepada pihak mitra pengelola petugas front liner," ujar Karina dalam keterangan resminya pada Kamis, 27 November 2025.

Karina menegaskan bahwa tidak ada pemberhentian atau pemecatan petugas front liner, seperti yang ramai dibahas warganet. Seluruh petugas tetap diarahkan untuk menjalankan SOP agar pelayanan kepada pengguna tetap optimal.

Baca Juga: Suami Anita Klaim Sudah Kantongi CCTV Tumbler Hilang, Petugas KAI Tetap Dipecat

"Pihak mitra masih melakukan evaluasi internal untuk melihat lebih jelas kondisi yang terjadi," tambah Karina.

Selain mengklarifikasi isu pemecatan, KAI Commuter juga mengingatkan kembali kepada pengguna mengenai tanggung jawab atas barang bawaan pribadi. Karina menjelaskan bahwa setiap penumpang bertanggung jawab atas barang yang dibawa, dan barang tertinggal tidak menjadi tanggung jawab petugas.

"Kami mengimbau agar seluruh pengguna tetap menjaga dan memperhatikan barang bawaannya dengan baik," kata Karina.

KAI Commuter memastikan setiap stasiun memiliki layanan lost and found, di mana barang yang ditemukan akan didata dan disimpan oleh petugas. Jika barang tidak diambil dalam jangka waktu tertentu di stasiun tujuan akhir, barang akan dipindahkan ke gudang pusat untuk penyimpanan lebih lanjut. Pengambilan barang mengikuti prosedur yang berlaku.

Baca Juga: Petugas KAI Dipecat Imbas Tumbler Hilang, Suami Anita Klaim Sudah Kantongi Rekaman CCTV

"Barang bawaan merupakan tanggung jawab pelanggan," tegas Karina.

Sebelumnya, seorang pengguna KRL bernama Anita melaporkan tumbler miliknya hilang setelah cooler bag tertinggal di bagasi kereta. Menurut unggahan di akun media sosial, Anita mengatakan bahwa pada malam keberangkatan, ia naik Commuter Line rute Tanah Abang - Rangkasbitung.

Ia kemudian turun di Stasiun Rawa Buntu sekitar pukul 19.40 WIB. Saat itulah ia menyadari cooler bag tertinggal. Setelah melapor ke petugas keamanan, tas tersebut berhasil ditemukan, termasuk cooler bag dengan isi yang lengkap, termasuk tumbler berwarna biru. Foto kondisi tas kemudian dikirim sebagai bukti.

Namun, ada catatan, pengambilan tas hanya bisa dilakukan di Stasiun Rangkasbitung, bukan di Rawa Buntu. Keesokan harinya, Anita bersama suaminya mengambil tas tersebut di Stasiun Rangkasbitung. Tapi ketika dibuka, tumbler itu sudah tidak ada. Anita kemudian menyalahkan pihak petugas karena lalai hingga akhirnya petugas tersebut diberhentikan.

TERKINI

Lemhannas Gelar Seminar Nasional P3N Angkatan ke-26

Nasional Kamis, 27 Nov 2025 | 12:30 WIB

Ratu Maxima Diterima Langsung Prabowo di Istana Merdeka

Nasional Kamis, 27 Nov 2025 | 12:21 WIB

Mendugbangga Wihaji Paparkan Hasil Pendataan Keluarga 2025

Nasional Kamis, 27 Nov 2025 | 12:05 WIB

Kebakaran Besar di Hong Kong Tewaskan 36 Orang, 279 Masih Hilang

Luar Negeri Kamis, 27 Nov 2025 | 11:56 WIB

Arya Daru Disebut Pernah Check In Hotel 24 Kali Bareng Vara

Nasional Kamis, 27 Nov 2025 | 11:36 WIB

Kudeta Militer Gulingkan Presiden Guinea-Bissau

Luar Negeri Kamis, 27 Nov 2025 | 11:32 WIB
Load More
x|close