Ntvnews.id, Tangerang - Permata Bank Gaikindo Jakarta Auto Week (Permata Bank GJAW) 2025 resmi berakhir pada Minggu, 30 November 2025.
Pameran otomotif terbesar di akhir tahun ini menutup rangkaian acara dengan sukses, mencatat capaian positif bagi pecinta otomotif, peserta, dan industri otomotif Indonesia.
Sejak hari pertama, gelaran GJAW 2025 menarik perhatian tidak hanya pelaku industri, tetapi juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah.
Acara dibuka oleh Menteri Perindustrian yang diwakili Direktur Jenderal ILMATE, Setia Diarta, dan sepanjang minggu berbagai pejabat tinggi, termasuk Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Febrian Alphyanto Ruddyard serta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, turut hadir meninjau pameran.
Pameran ini mendapat respon positif dari peserta, yang menilai ukuran dan waktu penyelenggaraan di akhir tahun sangat tepat.
"Kami bangga Permata Bank GJAW 2025 berjalan lancar, menarik perhatian pemerintah, industri, dan pengunjung yang meningkat signifikan. Harapan kami, pameran ini juga mendorong peningkatan penjualan kendaraan menjelang akhir tahun," ujar Putu Juli Ardika, Ketua Umum Gaikindo.
Pengunjung memiliki kesempatan untuk melihat, mencoba, dan membeli berbagai kendaraan dengan penawaran eksklusif.
Peran Permata Bank sebagai sponsor utama juga membantu mempermudah transaksi selama pameran.
Baca Juga: GJAW 2025 Hadirkan Pengalaman Berkendara Mobil Listrik Lebih Nyaman di New Indoor Test Drive
Ajang Terpadu Industri Otomotif Indonesia
GJAW 2025 diikuti lebih dari 80 merek otomotif, termasuk 33 merek kendaraan penumpang dan komersial seperti BAIC, BMW, BYD, Changan, Citroen, Chery, Daihatsu, Denza, DFSK, Ford, GAC Aion, Geely, GWM, Honda, Hyundai, Jaecoo, Jeep, Jetour, Lepas, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Polytron, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Vinfast dan Wuling.
Sementara untuk segmen kendaraan roda dua yakni sebanyak 10 merek berpartisipasi, diantaranya Aprilia, DIBAO, Indomobil E-Motor, Moto Guzzi, Polytron, Piaggio, Royal Enfield, Scomadi, Vespa dan Yamaha.
Dua merek karoseri nasional, Adiputro dan Tentrem, juga berpartisipasi, bersama lebih dari 45 industri pendukung otomotif, dari suku cadang hingga gaya hidup otomotif.
Anton Kumonty, Ketua Penyelenggara, menyebut antusiasme pengunjung sangat tinggi.
"Pengunjung terlihat mengalir sepanjang penyelenggaraan Permata Bank GJAW 2025, sejak hari pertama hingga hari terakhir, jumlah pengunjung terus menunjukkan peningkatan yang stabil, dengan total 196.807pengunjung hadir selama Permata Bank GJAW 2025, naik 35% dari catatan di penyelenggaraan sebelumnya, untuk pameran yang baru berumur 4 tahun ini adalah prestasi yang sangat luar biasa," ungkap Anton.
Berbagai program seperti test drive, indoor EV test drive, dan test ride menarik perhatian pengunjung. Sepanjang 10 hari pameran, tercatat lebih dari 1.600 trip test drive dan 2.000 trip test ride.
Beragam Aktivitas dan Program Menarik
Rangkaian acara pendukung, termasuk parade 1.000 mobil, Permata Bank GJAW Underground Meet Up, Diecast on GJAW, dan Campervan Show, berhasil menarik lebih dari 5.000 peserta komunitas otomotif.
Kegiatan motorsport dan lomba keluarga seperti push bike dan paper art craft competition juga menunjukkan antusiasme tinggi dari pengunjung.
Sejalan dengan tujuan utama pameran, yaitu mendorong penjualan kendaraan menjelang akhir tahun, Gaikindo mencatat hasil positif dari para peserta.
"Meski proses pengumpulan data transaksi masih berlangsung, Kami optimis hasil transaksi juga akan sangat baik, harapannya dapat sejalan dengan kenaikan yang juga dicatat dari kehadiran pengunjung," jelas Anton.
GJAW 2026 Siap Digelar Kembali
Berdasarkan respons positif dan masukan dari peserta, Gaikindo memastikan GJAW 2026 akan kembali digelar pada akhir tahun depan, dengan inovasi dan perbaikan untuk terus mendukung pertumbuhan industri otomotif dan ekonomi Indonesia.
Pengunjung antusias menghadiri pameran otomotif akhir tahun, GJAW 2025. (Foto: Istimewa)