Ntvnews.id, Jakarta - Di tengah semakin tingginya aktivitas perbankan digital, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memperkuat literasi keamanan bagi nasabah guna menghindari penyalahgunaan data pribadi.
Perlindungan informasi menjadi aspek penting yang terus dijaga oleh BRI melalui penguatan sistem keamanan dan edukasi terhadap nasabah. Perlindungan data merupakan fodasi utama dalam menjaga keamanan transaksi.
Nasabah diimbau untuk tidak membagikan informasi rahasia seperti Personal Identification Number (PIN), password, maupun One Time Password (OTP) kepada siapa pun.
BRI menegaskan bahwa perseroan tidak pernah meminta data pribadi nasabah melalui telepon, pesan singkat, atau media sosial.
Corporate Secretary BRI Dhanny menegaskan keamanan digital merupakan bagian penting dari penguatan layanan BRI. Upaya ini dilakukan untuk memastikan setiap transaksi nasabah berlangsung aman dan terlindungi.
Baca juga: BRI Luncurkan Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL)
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI. (ANTARA/HO-BRI)
Baca juga: Edukasi Warga Lewat Digital BRImo
“Kami mengajak seluruh nasabah untuk selalu berhati-hati terhadap pesan atau tautan mencurigakan, serta tidak membagikan data transaksi yang bersifat rahasia seperti PIN atau OTP kepada pihak mana pun," ujar Dhanny, Jakarta, Rabu, 26 November 2025.
Menurut Dhanny, BRI juga mengimbau agar nasabah menggunakan PIN dan kata sandi yang kuat, tidak menggunakan pola mudah ditebak seperti tanggal lahir atau urutan angka berulang.
"Serta menggantinya secara berkala untuk menjaga keamanan data nasabah,” ucap Dhanny dalam keterangan tertulisnya.
"BRI mendorong nasabah untuk memanfaatkan berbagai fitur keamanan yang tersedia, seperti autentikasi biometrik, verifikasi dua langkah (Two-Factor Authentication/2FA), pembaruan aplikasi secara berkala, dan notifikasi transaksi. Langkah-langkah tersebut menjadi bagian penting dari penguatan kontrol untuk menjaga keamanan transaksi digital di tengah meningkatnya risiko penyalahgunaan data," lanjutnya.
Nasabah diimbau untuk mengakses informasi dan layanan hanya melalui kanal resmi BRI, yaitu situs www.bri.co.id serta akun media sosial terverifikasi seperti Instagram @bankbri_id, Facebook BANK BRI, Twitter/X @BANKBRI_ID, @promoBRI, @kontakBRI, dan TikTok @bankbri_id. Untuk kebutuhan layanan maupun pengaduan, nasabah dapat menghubungi Contact BRI di 1500017 atau menggunakan WhatsApp asisten virtual SABRINA di nomor 0812 1214 017.
Corporate Secretary (Corsec) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI Dhanny. (Dok. BRI)